Kamis, 05 November 2015

Hak Makhluk Hidup

Bumi diciptakan untuk dihuni makhluk hidup. Dan makhluk hidup bukan hanya manusia, tapi binatang dan juga tumbuhan. Karena kita diminta untuk hidup berdampingan dan saling membutuhkan.

Manusia bukan makhluk yang paling hebat. Bukan makhluk yang paling berkuasa. Jangan karena dasar 'kita adalah manusia' kita bisa berlaku sesuka kita terhadap makhluk hidup lain. Contohnya hewan.

Kenapa ada hewan langka ? Karena mereka untuk dilestarikan dan dilindungi, bukan untuk diburu. Kenap...a ada hewan ternak ? Karena mereka untuk konsumsi sehat kita, selain itu untuk mengajarkan ilmu dalam beternak dan kepedulian. Kenapa ada hewan imut-imut unyu-unyu bikin gemes ? Karena untuk dipelihara dan mengusir stress kita, bukan untuk disiksa.

Tapi begitulah manusia. Nafsu, ego, rasa senang, ambisi, bisa membutakan manusia dari rasa kemanusiaan. Terkadang lupa diri, atau sengaja melupakan diri. Hingga menimbulkan benci ke seluruh negeri, seperti hewan lindung yang tersakiti bahkan mati. Jangan memaklumi hal yang tak sewajarnya seperti menyakiti makhluk hidup, tapi berbuat baiklah kepada sesama makhluk hidup. Karena bukan hanya kita, mereka juga berhak untuk hidup.

0 komentar:

Posting Komentar