Senin, 20 Juli 2015

Diagnosa 5 : SEBELAH MATA

Penyakit Manusia
Diagnosa 5 : SEBELAH MATA

Mata memang adalah jendela untuk tempat datangnya berjuta informasi. Baik informasi yang informatif, baik, buruk, dan berbagai macam. Dengan menggunakan mata, kita bisa tahu segala hal yang masuk melalui mata lewat melihat, membaca, mengamati, dan sebagainya yang menggunakan mata kita. Dan dalam diri manusia ada Penyakit Manusia yang disebut juga dengan 'Sebelah Mata'. Penyakit Sebelah mata ini bukanlah menyerang mata secara fisik. Melainkan menyerang 'Pandangan'. Yaitu Pandangan seseorang terhadap sesuatu hal.

Pandangan sesorang hingga terkena Penyakit Sebelah Mata ini dikarenakan racun - racun yang mengkontaminasi otak. Seperti racun politik, racun SARA, racun keegoisan, racun tak ambil pusing, dan racun aditif lainnya. Yang efek dari masing - masing racun itu telah menghasilkan sebuah omongan yang hanya sekedar omongan, komentar yang hanya sebuah komentar, yang hanya keluar dari mulut tanpa mementingkan hal lainnya yang berkaitan.

Pandangan manusia dibagi menjadi dua. Yaitu Subjektif dan Objektif. Pandangan Subjektif adalah pandangan yang lebih kepada keadaan dimana seseorang berpikiran relatif, hasil dari menduga duga, berdasarkan perasaan atau selera orang. Sedangkan pandangan yang secara objektif adalah pandangan sikap yang lebih pasti, bisa diyakini keabsahannya, tapi bisa juga melibatkan perkiraan dan asumsi, dengan didukung oleh fakta/data. Dan banyak sekali sekarang para manusia lebih suka memandang dengan pandangan Subjektif, karena sudah teracuni oleh beberapa racun tersebut.

Mereka lebih suka mengomentari sesuatu hal sesuka mereka. Yang menguntungkan mereka dan lebih kurang memikirkan akibat di sekitarnya terhadap omongan mereka. Kadang - kadang omongan itu tanpa diikuti bukti, dan hanya dipandang Sebelah Mata. Seperti menanggapi suatu kejadian dengan jawaban yang sebenarnya jawaban itu tidak ada sangkut pautnya dengan kejadian yang terjadi. Dan sudah jelas mereka ini terjangkit Penyakit Manusia yang namanya Sebelah Mata.

Salah satu terapi untuk penyakit ini adalah dengan lebih banyak membaca, mengamati, serta mencermati. Dan jangan lupa untuk memikirkannya dalam - dalam dari segala sisi, sebelum mengutarakannya.

0 komentar:

Posting Komentar